Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(
R P P )
Nama Sekolah : SMA
.............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X
/ 1
Waktu : 4 x 45 menit
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
A. Standar Kompetensi
6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
B. Kompetensi Dasar
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi
dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
2. Menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
3. Menunjukkan keteladanan yang dapat diambil dari cara dakwah Rasulullah.
4. Menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
5. Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai Pembelajaran Siswa diharapkan :
1. Mampu menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
2. Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
3. Mampu menunjukkan keteladanan yang dapat diambil dari cara dakwah Rasulullah.
4. Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
5. Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
E. Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW :
Dakwah Rasulullah SAW pada
periode Mekkah.
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW
periode Makkah
F. Metode Pembelajaran:
Nonton Video,
Ceramah ,
diskusi,
tanya jawab
dan Praktek
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-15
§
Kegiatan Awal
-
Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama
sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 menit
-
Guru menanyakan Profil
Muhammad saw sebelum menjadi Rasullah
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan menjelaskan tujuan
mempelajari sejarah dakwah rasulullah saw pada periode Mekah dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
§
Kegiatan Inti
Eksplorasi : Siswa menyimak film “video”
Elaborasi :
Ø Siswa membuat resume film/Video dengan alur:
1.
Kondisi kehidupan jahiliyah sebelum rasulullah saw
berdakwah?
2.
Peristiwa-peristiwa penting selama dakwah periode Makkah
3.
Tantangan rosulullah dan sahabat dalam dakwah
4.
Tanggapan kaum Quraisy terhadap dakwah?
5.
keteladanan apa yang dapat kita ambil
dari cara dakwah Rasulullah SAW?
Konfirmasi :Siswa menyimak konfirmasi guru tentang video sejarah dakwah rosulullah periode Makkah
§ Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan materi pembelajaran pada saat itu
-
Penugasan membaca sejarah dakwah rosulullah periode Makkah
-
Doa penutup
Pertemuan ke-16
§
Kegiatan Awal
-
Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá
bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 menit
-
Guru menanyakan tentang isi
video yangtelah ditonton minggu lalu
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dan menjelaskan tujuan
mempelajari sejarah dakwah rasulullah saw pada periode Mekah dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
§ Kegiatan Inti
-
Eksplorasi
-
Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-
· Bagaimana strategi dakwah rosulullah di Makkah?
-
· Apa saja yang diajarkan rosulullah di Makkah?
-
· Apa yang harus kita lakukan dalam rangka berterimakasih kepada rosulullah dan para sahabat?
-
-
Elaborasi
-
Siswa menyampaikan pendapatnya tentang:
-
· Bagaimana strategi dakwah rosulullah di Makkah?
-
· Apa saja yang diajarkan rosulullah di Makkah?
-
· Apa yang harus kita lakukan dalam rangka berterimakasih kepada rosulullah dan para sahabat?
-
Konfirmasi
-
Siswa menyimak konfirmasi guru tentang strategi dan substansi dakwah rosulullah periode Makkah.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah
SAW, strategi dakwah rasulullah saw sebagai penutup
materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para
siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam keteladanan
Rasulullah SAW.
- Guru menutup / mengakhiri
pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas
dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
-
Interenet
Al Quran dan
terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
Lembar Kerja Siswa (LKS)F. Penilaian
Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
Kapan Rasulullah pertama kali menerima wahyu ?
|
pada tanggal 17 Ramadhan tahun 611
M,
|
2. Siapa saja yang termasuk golongan pertama yang memeluk Islam /assabiqunalawwalun?
|
Khadijah binti Khuwailid (istri
Rasulullah SAW, wafat tahun ke-10 dari kenabian), Ali bin Abu Thalib (saudara
sepupu Rasulullah SAW yang tinggal serumah dengannya), Zaid bin Haritsah
(anak angkat Rasulullah SAW), Abu Bakar Ash-Shiddiq (sahabat dekat Rasulullah
SAW) dan Ummu Aiman (pengasuh Rasulullah SAW pada waktu kecil).
Abu Bakar Ash-Shiddiq juga berdakwah ajaran Islam sehingga ternyata beberapa orang kawan dekatnya menyatakan diri masuk Islam, mereka adalah: - Abdul Amar dari Bani Zuhrah - Abu Ubaidah bin Jarrah dari Bani Haris - Utsman bin Affan - Zubair bin Awam - Sa’ad bin Abu Waqqas - Thalhah bin Ubaidillah. Orang-orang yang masuk Islam, pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi, yang namanya sudah disebutkan d atas disebut Assabiqunal Awwalun (pemeluk Islam generasi awal). |
3. Jelaskan hikmah mempelajari tarikh Rasulullah periode mekkah!
|
Hikmah yang dapat diperoleh dari sejarah dakwah Rasulullah pada periode
Mekah, antara lain sebagai berikut.
Menyadari bahwa melalui kesabaran dan
keuletan dalam berjuang menegakkan agama Allah pasti akan mendapat
pertolongan Allah swt.
2. Memahami bahwa tugas seseorang rasul
hanya sekadar menyampaikan risalah dari Allah swt. Seorang rasul tidak bisa
memberi petunjuk (hidayah), bahkan kepada keluarga atau orang yang
sangat dicintainya.
3. Memahami bahwa Allah swt. pasti akan
menguji seseorang yang akan terpilih menjadi utusan atau rasul-Nya (QS Al
Hajj: 75 dan Al Baqarah: 214).
4. Memahami bahwa Nabi Muhammad saw. sangat
bijaksana, pandai menggunakan kesempatan yang berharga, dapat menarik
perhatian orang tanpa menimbulkan kebosanan (QS An Nahl: 125).
5. Meneladani Nabi Muhammad saw. yang
bergelar uswatun hasanah. Artinya, Tingkah laku dan amal perbuatan
Rasulullah saw. sehari-hari adalah teladan yang baik, terutama terhadap
ajaran Islam yang didakwahkannya.
6. Melalui dakwah Rasulullah saw., umat
manusia, khususnya umat Islam mendapatkan informasi mengenai agama yang
diridai Allah.
7. Melalui dakwah Islam, Rasulullah saw. memberikan
pemahaman tentang hak dan persamaan derajat antara kaum perempuan dan
laki-laki.
8. Islam menegakkan ajaran persamaan
derajat di antara manusia dan pemberantas perbudakan.
9. Melalui penghapusan perbudakan, maka
siapapun manusia status derajatnya di mata Allah adalah sama.
|
4. Jelaskan materi da’wah Raulullah pada periode awal Islam !
|
a.
.mengajarkan keesaan Allah Swt.
b.
Mengajarkan adanya hari kiamat sebagai hari
pembalasan.
c.
Mengajarkan kesucian jiwa
d. Mengajarkan persaudaraan dan
persatuan.melihat dakwah Rasulullah saw.
|
5.
Bagaimana strategi da’wah Rasul pada periode ini ?
|
DaDakwah
Sembunyi-sembunyi.
Lebih kurang selama tiga tahun
dimulai dari mengajak anggota keluarga, sahabat, danorang-orang terdekat
Allah Swt. Memberikan petunjuk
tentang cara menyampaikan agama islam kepada umat manusia, yaitu :
a. Dengan cara sembunyi-sembunyi, sebab
orang kafir Quraisy tidak akan senang terhadapagama yang dibawa oleh nabi
Muhammad saw.
b. Lemah lembut jangan sampai menyakiti
orang.
2. Dakwah Terang-Terangan
“ Maka
sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan(kepadamu)
dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.” (Q.S. Al-Hijr, 15:94)
Nabi
Muhammad saw. Termenung sejenak memikirkan reaksi keras dari kaumnya,terutama
pamannya sendiri Abu Lahab,. Kemudian turun wahyu yang menerangkan bahwa yang
celaka Abu Lahab sendiri. (Q.S. Al-Lahab, 111:1-5)
Dengan cara
mengumpulkan Bani Hasyim, orang-orang Quraisy kemudian diatas Bukit Safa
Rasulullah saw. Menyampaikan dak’wah
mengajak kepada tauhid, iman
kepada
Allah Swt.,iman kepada hari kiamat, menantang kurafat dan kemusyrikan,
menjelaskan kedudukan berhalayang tidak dapat memberi manfaat atau mudarat.
Menyadarkan mereka untuk tunduk dan pasrah total Kepada Allah
Swt. Dakwah Rasulullah saw. Yang terang-terangan ini mendapat tentangan yang sangat hebat.
|
6. Bagaimana perlawanan orang-orang kafir Quraisy terhadap ajakan da’wah Rasull ?
|
Ejekkan
, hinaan, dan
memperolok-olok. sesuai firman Allah
Swt.
Mereka berkata: "Hai orang yang
diturunkan Al Qur'an kepadanya, sesungguhnya kamubenar-benar orang yang gila.
(Q.S. Al-Hijr, 15:6)
2.
Menjelek-jelek ajaran
Nabi Muhammad saw.
Dan orang-orang kafir berkata: "Al
Qur'an ini tidak lain hanyalah kebohongan yangdiada-adakan oleh Muhammad dan
dia dibantu oleh kaum yang lain maka sesungguhnya merekatelah berbuat suatu
kezaliman dan dusta yang besar. “(Q.S. Al-Furqaan, 25:4)
3.
Menyodorkan beberapa
bentuk penawaran.
4.
Melakukan tekanan
fisik.
|
7. Sebutkan contoh-contoh keteladanan Rasullullah dalam
periode Makkah
|
Contoh dalam syariat : tidak ada lagi
beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya:
mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas pada
pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar diat,
memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting
kain yang kena najis
|
II. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah
|
||||
2.
|
Dakwah yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah
menggunakan cara-cara yang baik.
|
||||
3.
|
Akhlakul-Karimah adalah strategi dakwah
Rasullullah SAW.
|
||||
dst
|
……………………………………………….
|
Keterangan
: Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju =
50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS=
Sangat Tidak Setuju =
0
III. Portofolio
Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat
pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
- laporan rekan guru dan
pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau
siswa.
Kotabumi, ...........Juni 2013
Mengetahui Guru Mapel,
Kepala Sekolah,
Fiqram Fadlurrahman.M.Pd.I Depriyana