Widget edited by Blog Mas Hanif

Rabu, 05 Juni 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah           :  SMA .............................
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          : X / 1
Waktu                        :  4 x 45 menit
Aspek                         :  Tarikh dan Kebudayaan Islam

A.  Standar Kompetensi
6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

B.  Kompetensi Dasar
6.1       Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
6.2       Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi        :
1.  Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
2.  Menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
3. Menunjukkan keteladanan yang dapat diambil dari cara dakwah Rasulullah.
4.  Menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
5.  Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai Pembelajaran Siswa diharapkan :
1.  Mampu menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
2.  Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
3. Mampu menunjukkan keteladanan yang dapat diambil dari cara dakwah Rasulullah.
4.  Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
5.  Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.

E.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW :
  Dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekkah.
  Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

F.   Metode Pembelajaran:
  Nonton Video,
  Ceramah ,
  diskusi,
  tanya jawab
  dan Praktek

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-15
§  Kegiatan Awal
-          Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-          Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-          Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 menit
-          Guru menanyakan Profil Muhammad saw sebelum menjadi Rasullah
-          Guru menjelaskan secara singkat materi      yang akan diajarkan dan menjelaskan tujuan mempelajari sejarah dakwah rasulullah saw pada periode Mekah dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
§  Kegiatan Inti
Eksplorasi : Siswa menyimak film video      

Elaborasi :
Ø  Siswa membuat resume film/Video dengan alur:

1.      Kondisi kehidupan jahiliyah sebelum rasulullah saw berdakwah?
2.      Peristiwa-peristiwa penting selama dakwah periode Makkah
3.      Tantangan rosulullah dan sahabat dalam dakwah
4.      Tanggapan kaum Quraisy terhadap dakwah?
5.      keteladanan apa yang dapat kita ambil dari cara dakwah Rasulullah SAW?

Konfirmasi :Siswa menyimak konfirmasi guru tentang video sejarah dakwah rosulullah periode Makkah

§  Kegiatan Penutup
-      Menyimpulkan materi pembelajaran pada saat itu
-      Penugasan membaca sejarah dakwah rosulullah periode Makkah
-      Doa penutup

Pertemuan ke-16
§  Kegiatan Awal
-          Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-          Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-          Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 menit
-          Guru menanyakan tentang isi video yangtelah ditonton minggu lalu
-          Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan menjelaskan tujuan mempelajari sejarah dakwah rasulullah saw pada periode Mekah dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

§  Kegiatan Inti
-          Eksplorasi
-          Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-          ·   Bagaimana strategi dakwah rosulullah di Makkah?
-          ·   Apa saja yang diajarkan rosulullah di Makkah?
-          ·   Apa yang harus kita lakukan dalam rangka berterimakasih kepada rosulullah dan para sahabat?
-           
-          Elaborasi
-          Siswa menyampaikan pendapatnya tentang:
-          ·   Bagaimana strategi dakwah rosulullah di Makkah?
-          ·   Apa saja yang diajarkan rosulullah di Makkah?
-          ·   Apa yang harus kita lakukan dalam rangka berterimakasih kepada rosulullah dan para sahabat?

-          Konfirmasi
-          Siswa menyimak konfirmasi guru tentang strategi dan substansi dakwah rosulullah periode Makkah.
c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW, strategi dakwah rasulullah saw  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
-      Interenet
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I
  Lembar Kerja Siswa (LKS)F. Penilaian

      Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.      Kapan Rasulullah pertama kali menerima wahyu ?
pada tanggal 17 Ramadhan tahun 611 M,

2.      Siapa saja yang termasuk golongan pertama yang memeluk Islam /assabiqunalawwalun?

Khadijah binti Khuwailid (istri Rasulullah SAW, wafat tahun ke-10 dari kenabian), Ali bin Abu Thalib (saudara sepupu Rasulullah SAW yang tinggal serumah dengannya), Zaid bin Haritsah (anak angkat Rasulullah SAW), Abu Bakar Ash-Shiddiq (sahabat dekat Rasulullah SAW) dan Ummu Aiman (pengasuh Rasulullah SAW pada waktu kecil).
Abu Bakar Ash-Shiddiq juga berdakwah ajaran Islam sehingga ternyata beberapa orang kawan dekatnya menyatakan diri masuk Islam, mereka adalah:
-    Abdul Amar dari Bani Zuhrah
-    Abu Ubaidah bin Jarrah dari Bani Haris
-    Utsman bin Affan
-    Zubair bin Awam
-    Sa’ad bin Abu Waqqas
-    Thalhah bin Ubaidillah.
Orang-orang yang masuk Islam, pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi, yang namanya sudah disebutkan d atas disebut Assabiqunal Awwalun (pemeluk Islam generasi awal).
3.      Jelaskan hikmah mempelajari tarikh Rasulullah periode mekkah!

Hikmah yang dapat diperoleh dari sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekah, antara lain sebagai berikut.
Menyadari bahwa melalui kesabaran dan keuletan dalam berjuang menegakkan agama Allah pasti akan mendapat pertolongan Allah swt.
2.      Memahami bahwa tugas seseorang rasul hanya sekadar menyampaikan risalah dari Allah swt. Seorang rasul tidak bisa memberi petunjuk  (hidayah), bahkan kepada keluarga atau orang yang sangat dicintainya.
3.      Memahami bahwa Allah swt. pasti akan menguji seseorang yang akan terpilih menjadi utusan atau rasul-Nya (QS Al Hajj: 75 dan Al Baqarah: 214).
4.      Memahami bahwa Nabi Muhammad saw. sangat bijaksana, pandai menggunakan kesempatan yang berharga, dapat menarik perhatian orang tanpa menimbulkan kebosanan (QS An Nahl: 125).
5.      Meneladani Nabi Muhammad saw. yang bergelar uswatun hasanah. Artinya, Tingkah laku dan amal perbuatan Rasulullah saw. sehari-hari adalah teladan yang baik, terutama terhadap ajaran Islam yang didakwahkannya.
6.      Melalui dakwah Rasulullah saw., umat manusia, khususnya umat Islam mendapatkan informasi mengenai agama yang diridai Allah.
7.      Melalui dakwah Islam, Rasulullah saw. memberikan pemahaman tentang hak dan persamaan derajat antara kaum perempuan dan laki-laki.
8.      Islam menegakkan ajaran persamaan derajat di antara manusia dan pemberantas perbudakan.
9.      Melalui penghapusan perbudakan, maka siapapun manusia status derajatnya di mata Allah adalah sama.

4.      Jelaskan materi da’wah Raulullah pada periode awal Islam !

a.       .mengajarkan keesaan Allah Swt.
b.      Mengajarkan adanya hari kiamat sebagai hari pembalasan.
c.       Mengajarkan kesucian jiwa
d.      Mengajarkan persaudaraan dan persatuan.melihat dakwah Rasulullah saw.
5.      Bagaimana strategi da’wah Rasul pada periode ini ?
DaDakwah Sembunyi-sembunyi.
Lebih kurang selama tiga tahun dimulai dari mengajak anggota keluarga, sahabat, danorang-orang terdekat
 Allah Swt. Memberikan petunjuk tentang cara menyampaikan agama islam kepada umat manusia, yaitu :
a.       Dengan cara sembunyi-sembunyi, sebab orang kafir Quraisy tidak akan senang terhadapagama yang dibawa oleh nabi Muhammad saw.
b.      Lemah lembut jangan sampai menyakiti orang.

2.      Dakwah Terang-Terangan
“ Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan(kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.” (Q.S. Al-Hijr, 15:94)
Nabi Muhammad saw. Termenung sejenak memikirkan reaksi keras dari kaumnya,terutama pamannya sendiri Abu Lahab,. Kemudian turun wahyu yang menerangkan bahwa yang celaka Abu Lahab sendiri. (Q.S. Al-Lahab, 111:1-5)
Dengan cara mengumpulkan Bani Hasyim, orang-orang Quraisy kemudian diatas Bukit Safa
Rasulullah saw. Menyampaikan dak’wah mengajak kepada tauhid, iman
kepada Allah Swt.,iman kepada hari kiamat, menantang kurafat dan kemusyrikan, menjelaskan kedudukan berhalayang tidak dapat memberi manfaat atau mudarat. Menyadarkan mereka untuk tunduk dan pasrah total Kepada Allah Swt. Dakwah Rasulullah saw. Yang terang-terangan ini mendapat  tentangan yang sangat hebat.


6.       Bagaimana perlawanan orang-orang kafir Quraisy terhadap ajakan dawah Rasull ?
Ejekkan , hinaan, dan memperolok-olok. sesuai firman Allah Swt.
        Mereka berkata: "Hai orang yang diturunkan Al Qur'an kepadanya, sesungguhnya kamubenar-benar orang yang gila. (Q.S. Al-Hijr, 15:6)

2.      Menjelek-jelek ajaran Nabi Muhammad saw.
           Dan orang-orang kafir berkata: "Al Qur'an ini tidak lain hanyalah kebohongan yangdiada-adakan oleh Muhammad dan dia dibantu oleh kaum yang lain maka sesungguhnya merekatelah berbuat suatu kezaliman dan dusta yang besar. “(Q.S. Al-Furqaan, 25:4)

3.      Menyodorkan beberapa bentuk penawaran.
4.      Melakukan tekanan fisik.
7.      Sebutkan contoh-contoh keteladanan Rasullullah dalam periode Makkah
Contoh dalam syariat : tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting kain yang kena najis

II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah




2.
Dakwah yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah menggunakan cara-cara yang baik.




3.
Akhlakul-Karimah adalah strategi dakwah Rasullullah SAW.




dst
……………………………………………….




Keterangan :                                Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju                                   = 50
S   = Setuju                                               = 40
TS = Tidak Setuju                                     = 10
STS= Sangat Tidak Setuju                         = 0
III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   


Kotabumi, ...........Juni 2013
            Mengetahui                                                                                        Guru Mapel,
            Kepala Sekolah,



  Fiqram Fadlurrahman.M.Pd.I                                                                       Depriyana

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: